Bedah Buku Trilogi Scott McCloud

Dwi Koen menunjukkan contoh-contoh komik

Pada hari Jumat, 25 Juli 2008 telah berlangsung bedah buku Trilogi karya Scoot McCloud di Function Room Gramedia Matraman. Acara ini dimulai pada pukul 14.00 WIB dengan moderator Hikmat Darmawan, Redaktur http://www.rumahfilm.org, dan pembicara Seno Gumira Ajidarma, seorang Wartawan, Fotografer, Penulis, Eks-Pemred Majalah Jakarta-Jakarta sekaligus Dosen Institut Kesenian Jakarta. Seno Gumira Ajidarma mengemukakan tentang sejarah dan perkembangan komik, serta bagaimana saat ini komik bukan melulu identik dengan anak kecil namun merupakan suatu media yang diminati banyak kalangan dan terus berkembang. Ketika salah seorang peserta menanyakan berapa honor yang bisa diperoleh jika mengirimkan karya komik ke Penerbit dan apakah pekerjaan menjadi komikus bisa menjadikannya kaya ? Seno menjelaskan bahwa yang penting adalah perjuangan untuk menjadikan karya komik tersebut diakui. Sebab bagi pecinta komik, menjadi kaya dan nge-top bukan tujuan utama. Salah seorang peserta yang lain juga menjelaskan bahwa dirinya sudah mencetak karya komik sendiri, dan bertanya bagaimana cara mempromosikannya. Seno menyarankan untuk promosi ke teman-teman dekat atau teman-teman sekolah. Karya komik dapat dicetak dalam jumlah terbatas, misal 3, jika laku baru dibuat lagi lebih banyak.

Serius

Peserta yang hadir berjumlah sekitar 150 orang, terdiri dari pelajar SD, SLTP, SMA maupun dewasa yang memang cinta komik. Pembicara kedua adalah Dwi Koen, yang sudah tidak asing lagi lewat karyanya Panji Koming yang terbit di harian Kompas Minggu. Dwi Koen langsung memperlihatkan contoh-contoh komik dan mempersilahkan peserta untuk praktek di atas selembar kertas A3 dan pensil yang telah dibagikan panitia. Peserta diberi waktu sekitar 20 menit untuk menyelesaikan komiknya.

Salah seorang peserta memperlihatkan hasil karyanya kepada Seno Gumira Ajidarma

Salah seorang Peserta menunjukkan hasil karyanya kepada Seno Gumira Ajidarma

Setelah selesai dan dikumpulkan kemudian dipilih gambar komik yang terbaik dari kategori SLTP, SMA, dan peserta dewasa / umum. Selain itu untuk salah satu peserta SD yaitu Habil juga mendapat bingkisan khusus, karena mengumpulkan karya komiknya lebih cepat dibanding peserta lain.

Acara ditutup dengan pembagian hadiah, baik kepada pemenang maupun dua orang peserta lain yang namanya diundi. Diiringi pesan dari Dwi Koen, bahwa Gramedia maupun Penerbit dapat menyelenggarakan lomba komik untuk mencari bakat-bakat baru. Ditunggu pada acara-acara lainnya di Gramedia Matraman !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: