Menjadi Sehat Tidak Sulit !

Penerbit buku Kompas bekerjasama dengan Toko Buku Gramedia Matraman mengadakan talkshow bertema kesehatan, menghadirkan pembicara Dr. Handrawan Nadesul, penulis dua buku best seller, yaitu ‘Sehat itu Murah’ dan ‘Jurus Sehat Tanpa Ongkos’.

Dr. Handrawan Nadesul ( lahir Karawang, Jawa Barat, 31 Desember 1948 ) adalah seorang dokter dan penulis di Indonesia. Ia sering sekali menulis artikel atau opini kesehatan dan puisi dan karyanya telah dimuat dan diterbitkan di media massa nasional. Beliau mengenyam ilmu kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya Jakarta pada sekitar tahun 1970. Setelah lulus, selama tiga tahun (1981-1984) Handrawan bekerja di Dinas Kesehatan Kota (DKK) Bogor dan memegang tiga puskesmas. Kemudian, Beliau menjabat di Seksi Penyuluhan DKK sebelum pindah ke Kanwil Kesehatan DKI Jakarta.

Di Bogor Beliau sempat membentuk Dokter Kecil yang beranggotakan 400-an murid SD yang berprestasi di sekolah masing-masing, dan juga menggerakkan kader Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa (PKMD) di tingkat kelurahan. Dr. Handrawan Nadesul telah menulis di berbagai harian, tabloid, majalah wanita dan keluarga. Ia juga menerbitkan puisinya yang ditulis sejak tahun 1967-2004, dengan judul Sajak-sajak Pergi Berjalan Jauh: Sekolahnya Dokter, Menulisnya Puisi.

Talkshow yang diadakan di Toko Buku Gramedia Matraman lt. 1 pada tanggal 22 Agustus 2008 dimulai pada pukul 16.00 WIB. Banyak pengunjung yang berminat pada acara talkshow gratis ini, dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan pengunjung berkaitan dengan keluhan kesehatan maupun gaya hidup yang sehat. Dr. Handrawan menjelaskan bahwa menjadi sehat tidak sulit dan sama sekali tidak mahal. Justru setelah sakit itulah kita harus mengeluarkan banyak biaya untuk proses penyembuhan. Beliau menyarankan agar pengunjung mengkonsumsi makanan alami, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Kebutuhan tubuh akan nutrisi juga perlu diperhatikan, apabila merasa masih kurang kita dapat mengkonsumsi suplemen.

Olahraga juga menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan. Olahraga ringan bisa dilakukan dengan kegiatan sehari-hari di rumah, seperti menyapu, mencuci mobil, menyiram tanaman. Olahraga yang tepat tidak perlu mahal, selama ini Dr. Handrawan sudah mempraktekkan olahraga jalan cepat yang dilakukan rutin. Disarankan untuk melakukan olahraga jalan cepat selama kurang lebih 40 menit sebanyak 5-6 kali seminggu. Namun khusus untuk lansia, jenis olahraga perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan cedera.

Jurus-jurus sehat lainnya bisa dibaca dalam buku berjudul ‘Jurus Sehat Tanpa Ongkos’ dan ‘Sehat itu Murah’. Buku best seller tersebut diserbu pengunjung yang juga hendak meminta tandatangan Dr. Handrawan di akhir acara. Lewat bukunya Dr. Handrawan mengharapkan masyarakat menjadi cerdas menjaga kesehatan. Yang tidak sempat menghadiri talkshow di Gramedia Matraman dapat menghadiri talkshow yang sama di Gramedia Mall Taman Anggrek pada tanggal 29 Agustus 2008 pukul 16.00 WIB.

(Sebagian sumber diperoleh dari http://id.wikipedia.org/wiki/Handrawan_Nadesul)

One Response to Menjadi Sehat Tidak Sulit !

  1. Sendikanet says:

    Klo udah sakit, pasti ingin sekali menjadi sehat kembali. Dan itu akan ditempuh dengan biaya yang sangat mahal…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: