Lanskap Ekonomi Indonesia

Lanskap%20Ekonomi%20Indonesia

Lanskap Ekonomi Indonesia

Buku ini merupakan kajian ekstensif dan komprehensif yang mencoba menjawab beragam pertanyaan besar tentang perekonomian Indonesia selama ini, terutama pada dasawarsa terakhir. Penulis memetakan berbagai permasalahan yang ada guna memberikan gambaran yang utuh seperti apa perekonomian Indonesia saat ini, yang seharusnya memang lebih baik karena sudah 64 tahun bangsa Indonesia bebas menentukan nasib sendiri alias merdeka.

Sepintas lalu, perekonomian Indonesia memang tampak sudah lebih sehat. Namun dari kajian mendalam segera terungkap bahwa sesungguhnya fondasi perekonomian Indonesia masih cukup rapuh. Selain belum berhasil mengatasi berbagai permasalahan struktural yang sejak lama menggayuti langkah maju bangsa ini, Indonesia sudah dihadapkan dengan setumpuk permasalahan baru yang muncul silih berganti terutama krisis multidimensional (1997/1998).

Yang tak kalah pentingnya, penulis mencoba mengajukan sejumlah rekomendasi, yakni hal-hal yang perlu lebih diperhatikan dan yang harus dilakukan guna mengatasi berbagai permasalahan struktural dan baru tersebut demi menyongsong masa depan yang serba lebih baik.

Buku Lanskap Ekonomi Indonesia ini kaya akan data dan ide-ide cemerlang sebagai bekal menyongsong fajar ekonomi nasional yang lebih cerah, kukuh, dan sejahtera. Untuk menguatkan argumen dan rekomendasi strategisnya, penulis tanpa tedeng aling-aling “mengungkap” fakta dan menyajikan data statistik kategori rahasia sekalipun. Inilah buku acuan yang mencerahkan dan membuka mata segenap anak bangsa untuk menyelami dan memahami kemelut, dan masalah politik-ekonomi, serta kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi nasional secara umum.

Tentu saja buku ini merupakan bagian yang tak terpisahkan dari semua buku ajar mahasiswa Indonesia, tidak saja untuk mahasiswa Fakultas Ekonomi, tetapi juga bagi para mahasiswa yang berada di fakultas non-ekonomi, dan juga perlu dibaca oleh siapa saja yang ingin memahami apa yang terjadi di negeri ini; guna memungkinkannya untuk menyesuaikan diri agar selanjutnya mampu beradaptasi dan berkontribusi secara lebih bermakna, sebagi warga negara yang baik.

Judul:
Lanskap Ekonomi Indonesia
Penulis:
Faisal Basri
Haris Munandar

Penerbit:
Kencana (Prenada Media Group)
Harga:
Rp 200.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: