Cheng Ho: Penyebar Islam dari China ke Nusantara

Cheng Ho

Dalam buku ini Tan Ta Sen, sinolog dan pakar tokoh Zheng He atau Cheng Ho, meneguhkan teori “Gelombang Ketiga” dalam sejarah penyebaran Islam di kawasan Asia Tenggara. Setelah berlangsungnya dua gelombang pengaruh Islam yang datang melalui jalur perdagangan dari Gujarat (India) dan Timur Tengah, kemudian terjadi pula “Gelombang China,” yang juga merupakan arus besar penyebaran Islam ke Asia Tenggara, termasuk Kepulauan Nusantara.

Tan Ta Sen juga memaparkan bagaimana kontak budaya yang bersifat damai tidak saja mendorong terjadinya penularan, perpindahan, dan peralihan agama dengan melibatkan umat Islam dari daratan China, Yunnan, Champa, Jawa, Melayu, Arab, dan India, tetapi juga memungkinkan banyak orang China di Tanah Melayu tetap dapat memelihara ciri-ciri budaya non-Muslim mereka.

Inilah karya tulis pertama tentang sejarah penyebaran Islam di kawasan Asia Tenggara dan Nusantara yang didasarkan naskah-naskah kuno dan sumber-sumber sejarah penting lain yang ada di daratan China. Sebuah buku yang kehadirannya sudah lama ditunggu-tunggu para pakar sejarah penyebaran Islam.

Judul:
Cheng Ho
Penyebar Islam dari China ke Nusantara

Penulis:
Tan Ta Sen
Penerbit:
Kompas
Harga:
Rp 85.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: