Gratis: Harga Radikal yang Mengubah Masa Depan

Gratis

Apa yang terjadi ketika kemajuan teknologi memungkinkan banyak barang diproduksi dengan biaya amat sangat rendah atau hampir nol? Dan apa yang terjadi ketika barang-barang tersebut disediakan bagi kita secara gratis?

Google identik dengan sesuatu yang gratis. Ia menyediakan semua produknya untuk di manfaatkan para pengguna tanpa menarik biaya sepeser pun, namun Google adalah salah satu perusahaan paling menguntungkan di seluruh dunia. Google tak sendirian, banyak perusahaan—bahkan pemusik—yang mengambil untung dari membagikan produknya secara cuma-cuma. Bagaimana mungkin?

Dalam buku terbarunya ini, pengarang buku laris The Long Tail Chris Anderson mengungkapkan tentang dunia baru yang mencengangkan di mana kekuatan-kekuatan ekonomi lama mulai tergilas oleh membanjirnya barang-barang gratis—koran, DVD, kaus oblong, telepon, bahkan penerbangan. Ia menerangkan mengapa kecenderungan Gratis bisa terjadi—mengapa teknologi yang berevolusi dengan sangat cepat, terutama Internet, menyebabkan biaya produksi dan distribusi dalam banyak sektor turun tajam hingga ke tingkat yang begitu rendah, sesuatu yang tak terbayangkan 10 tahun yang lalu. Dia memperlihatkan bagaimana fleksibilitas yang disediakan dunia Internet memungkinkan produsen untuk menjalankan bisnis dengan lebih kreatif. Dunia Gratis adalah masa depan yang takkan terelakkan. Di buku ini kita akan mengetahui siapa pemenang dan pecundang di dunia Gratis, dan bagaimana caranya menjadi pemenang.

Judul:
Gratis
Harga Radikal yang Mengubah Masa Depan

Penulis:
Chris Anderson
Penerbit:
Gramedia Pustaka Utama
Harga:
Rp 60.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: