Ratusan Bangsa Merusak Satu Bumi

Ratusan Bangsa Merusak Satu Bumi

Dalam 200 tahun terakhir, seluruh negara di dunia membangun dengan merusak Bumi yang hanya satu-satunya ini. Pemanfaatan tanpa batas minyak bumi dan batu bara sebagai penggerak utama pembangunan tanpa disadari telah menaikkan pelepasan gas rumah kaca (GRK) dari hanya 280 ppm pada masa sebelum revolusi industri (1780) menjadi 380 ppm. Kenyataan inilah yang menjadi biang keladi terjadinya proses pemanasan global dan perubahan iklim yang kini mengancam hidup segenap penduduk Bumi.

Pemanasan global dan perubahan iklim merupakan salah satu persoalan yang diwacanakan Emil Salim dalam buku ini, yang juga berisi berbagai pemikirannya yang lain, termasuk masalah pengelolaan SDA, pertambangan, perambahan hutan, tata ruang, hingga masalah lingkungan sosial, dan etika lingkungan.

Meski seorang doktor dan guru besar ekonomi, Emil Salim jauh lebih dikenal sebagai pengembang ilmu lingkungan hidup di Indonesia. Ia dapat disebut sebagai bapak lingkungan hidup Indonesia yang selalu berpikir visioner serta memiliki berbagai gagasan yang cerdas, bernas, dan kaya makna.

Untuk mengubah perilaku manusia dari perusak menjadi pelestari alam, sangatlah penting menumbuhkan kembali ikatan manusia dalam jejaring kehidupan sosial yang serasi dengan jejaringan kehidupan lingkungan alam.

Sebuah buku yang perlu dipakai sebagai pijakan dan rujukan ilmiah dalam menata dan merajut kembali benang kusut lingkungan Indonesia.

Judul:
Ratusan Bangsa Merusak Satu Bumi
Penulis:
Emil Salim
Penerbit:
Kompas
Harga:
Rp 63.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: