Switch

Switch

Mengapa begitu sulit membuat perubahan yang langgeng dalam perusahaan, komunitas, atau dalam kehidupan sehari-hari?

Hambatan terbesar membuat perubahan adalah konflik yang terbentuk dalam otak kita, begitu menurut Chip dan Dan Heath dalam buku ini. Ahli-ahli psikologi telah menemukan bahwa pikiran kita diatur oleh dua sistem yang berbeda–pikiran rasional dan pikiran emosional–yang saling bersaing untuk mengendalikan diri kita. Pikiran rasional menginginkan tubuh langsing bak model; pikiran emosional menginginkan cheesecake yang menggiurkan. Pikiran rasional menginginkan adanya perubahan dalam pekerjaan; pikiran emosional menginginkan segalanya seperti apa adanya sekarang. Pertentangan ini menyulitkan upaya perubahan–namun begitu pertentangan ini ditaklukkan, perubahan akan datang dengan cepat.

Dalam Switch, Heath bersaudara memperlihatkan bagaimana orang-orang yang biasa kita kenal sehari-hari–pegawai dan manajer, orangtua, dan perawat–telah menyatukan kedua sistem pikiran dan mendapat hasil yang luar biasa:

+ Dokter magang yang berhasil mengubah praktik medis yang sudah berurat akar dan telah dilakukan selama puluhan tahun meskipun praktik itu membahayakan pasien.
+ Pakar pengorganisasi rumah (home organizing) yang mengembangkan teknik simpel untuk mengatasi ketakutan bersih-bersih rumah.
+ Manajer yang mengubah tim layanan pelanggan yang tanpa gairah menjadi layanan yang mengagumkan dengan menghilangkan cara standar layanan pelanggan.

Switch menunjukkan bahwa perubahan yang berhasil mengikuti suatu pola yang bisa Anda gunakan untuk membuat perubahan yang penting bagi Anda, baik Anda ingin mengubah dunia atau Anda ingin mengubah ukuran pinggang Anda.

Judul:
Switch
Mengubah Situasi Ketika Perubahan Sulit Terjadi

Penulis:
Chip Heath
Dan Heath

Penerbit:
Gramedia Pustaka Pustaka
Harga:
Rp 78.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: