Setenang Pepohonan, Selembut Rerumputan

Setenang Pepohonan, Selembut Rerumputan

Penderitaan di mana-mana. Dari bencana alam, bom teroris, kekerasan, bunuh diri sampai dengan penyakit aneh-aneh. Bila manusia kebanyakan menakuti penderitaan sebagai panggilan Guru untuk memasuki gerbang spiritualitas mendalam. Hampir semua guru dihaluskan batinnya melalui penderitaan. Jalaludin Rumi mengalami kesedihan mendalam kehilangan Guru. Nelson Mandela dipenjara 27 tahun. Bunda Teresa menghabiskan nyaris seluruh hidupnya di tengah kesedihan kemiskinan. Mahatma Ghandi wafat ditembak. YM Dallai Lama kehilangan negerinya tatkala masih berusia belasan tahun. Seperti besi tua yang mengkarat, tanpa diapa-apakan pasti tenggelam ke dasar lautan. Penderitaan juga serupa, bila manusia hanya mengeluh serta tidak melakukan apa-apa maka penderitaan akan membawa manusia tenggelam di alam bawah (binatang, setan, neraka) setelah kematian. Tapi bila besi tuannya dihaluskan dan diolah menjadi kapal laut, ia tidak saja membuat manusia batal tenggelam tapi juga bisa menjadi kendaraan untuk pergi ke tempat yang jauh.

Meditasi yang dianjurkan buku ini juga serupa, besi tua penderitaan diolah melalui ketenangan samatha, dibentuk dengan pandangan terang vipashana dan dihaluskan dengan praktik kasih sayang.

Hasilnya, penderitaan menjadi kendaraan spiritual mengagumkan untuk pulang ke rumah pencerahan. Di rumah pencerahan, kehidupan setenang pepohonan (bertumbuh ikhlas mendekati cahaya) serta selembut rerumputan (selalu rindu berbagi kasih sayang).

DI rumah ini, manusia bisa menyembuhkan dan mendamaikan dirinya dari dalam.

Judul:
Setenang Pepohonan, Selembut Rerumputan
Penulis:
Gede Prama
Penerbit:
Karaniya
Harga:
Rp 60.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: