Untung dengan Kartu Kredit, Kartu ATM-Debit & Uang Elektronik

Untung dengan Kartu Kredit, Kartu ATM-Debit & Uang Elektronik

Pesatnya perkembangan zaman telah melahirkan sebuah sistem pembayaran baru yang lebih efisien, praktis, dan fleksibel. Sistem pembayaran ini bernama Alat pembayaran dengan menggunakan kartu (APMK), yaitu terdiri dari kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit. Ada juga yang masuk kategori uang elektronik (e-money) yang berbentuk kartu (card based) dan non-kartu (server based). Penggunaan APMK dan uang elektronik semakin meluas dan banyak digunakan masyarakat, terutama untuk transaksi bisnis.

Sebagaimana uang kartal, peredaran APMK dan uang elektronik juga diawasi pemerintah oleh Bank Indonesia (BI). Pasalnya, kedua sistem pembayaran elektronik ini termasuk sistem pembayaran nasional sehingga perlu diawasi, baik terhadap sistem pembayaran maupun terhadap aspek kelembagaannya. BI berupaya meningkatkan standar keamanan APMK dengan menerapkan aturan kartu berbasis chip menggantikan pita magnetik.

Buku ini disusun oleh tiga orang yang memiliki kompetensi di bidang hukum dan penulisan, yaitu terdiri dari Ir. R. Serfianto D.P., Iswi Hariyani, S.H., M.H., & Cita Yustisia Serfiani, S.H. Di dalam buku ini dijelaskan mulai dari sekilas APMK dan uang elektronik, peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran nasional, sistem penyelesaian pembayaran, dasar hukum dan pengawasan kelembagaan, kartu APMK dan uang elektronik sebagai alat pembayaran, prinsip mengenal nasabah, aspek perlindungan konsumen APMK dan uang elektronik, penerapan manajemen risiko, tip bijak memanfaatkan kartu, tip bijak menghadapi penagih utang, hingga tip bijak menyelesaikan piutang macet kartu kredit.

Buku ini sangat bermanfaat bagi Anda, baik bagi pengguna APMK dan uang elektronik maupun bagi individu maupun pihak-pihak terkait dengan sistem pembayaran elektronik ini. Melalui buku ini, Anda bisa menjadi pintar dan bijak dalam menggunakan kartu kredit, kartu ATM, dan uang elektronik.

Judul:
Untung dengan Kartu Kredit, Kartu ATM-Debit & Uang Elektronik
Penulis:
Ir. R. Serfianto D.P
Iswi Hariyani, SH, MH
Cita Yustisia Serfiani, SH

Penerbit:
Visimedia
Harga:
Rp 57.000,-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: